Daftar Perguruan Tinggi Negeri Di Nusa Tenggara Timur

Daftar Perguruan Tinggi Negeri Di Nusa Tenggara Timur-Provinsi yang beribukota di Kupang ini merupakan Provinsi yang menempati bagian barat pulau Timor. Dengan bagian timurnya pulau tersebut adalah Timor Timur yang merupakan bekas provinsi Indonesia yang ke-27, yang sudah memisahkan diri pada tahun 2002 dan menjadi negara Timor Leste.

Daftar Perguruan Tinggi Negeri Di Nusa Tenggara Timur
Jumlah penduduk nya adalah 4.683.827 jiwa. Adapun wilayah NTT ini merupakan wilayah kepulauan, yang terdiri dari 566 pulau dengan 432 pulau yang sudah mempunyai nama dan 134 pulau belum mempunyai nama.  Serta Sebanyak 42 pulau berpenghuni dan sisanya belum ada penghuninya atau tidak berpenghuni. NTT mempunyai Luas wilayah daratan 47.349,90 km2 atau 2,49% luas Indonesia dan luas wilayah perairan ± 200.000 km2 diluar perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI).

Hingga saat ini, kualitas pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masih tergolong rendah dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia. Dengan Tingkat pendaftaran sekolah menengah adalah 39% yang memang masih jauh dibawah rata-rata Indonesia, yaitu 80.49% tahun 2003/04 (menurut UNESCO). Provinsi NTT termasuk daerah dengan tingkat kelulusan terendah Ujian Nasional tingkat SMA/MA/SMK Tahun Ajaran 2012/2013. Namun di tahun sekarang Peningkatan sudah terlihat dengan berdirinya beberapa Perguruan Negeri di Provinsi NTT. Dan berikut daftar PTN Di Provinsi NTT :

Daftar Perguruan Tinggi Negeri Di Nusa Tenggara Timur

1. Universitas Nusa Cendana (Undana), Kupang

Logo Universitas Nusa Cendana (Undana), Kupang

2. Politeknik Negeri Kupang, Kupang

Logo Politeknik Negeri Kupang, Kupang

3. Politeknik Pertanian Negeri Kupang, Kupang

Logo Politeknik Pertanian Negeri Kupang, Kupang

4. Akademi Komunitas Negeri Teknologi Garam Nagekeo, Nagekeo

Logo Akademi Komunitas Negeri Teknologi Garam Nagekeo, Nagekeo


Yang menjadi kendala utama kemerosotan kualitas pendidikan di NTT adalah kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pendidik. Saat ini saja, 44,63 % dari 80.000 guru yang berada di NTT masih berijasah SMA. Alhasil, transformasi pendidikan di NTT ini belum bisa dikatakan berkembang. Dan Kendala lainnya adalah tidak berimbangnya penyerapan tenaga guru antara daerah perkotaan dan pedesaan. Bayangkan saja di daerah pedesaan, satu guru bisa mengajar lima kelas untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) karena kekurangan guru. Sementara, di daerah perkotaan, jumlah guru malah lebih banyak. Ini tidak seimbang bukan. Pemerintah daerah harusnya sudah memeprhatikan tidak keseimbangan tersebut. Semoga saja kedepanya Provinsi ini sudah berbenah dan menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Sekian Daftar Perguruan Tinggi Negeri Di Nusa Tenggara Timur dan semoga bermanfaat buat para pembaca.

0 Response to "Daftar Perguruan Tinggi Negeri Di Nusa Tenggara Timur"

Posting Komentar