Daftar Perguruan Tinggi Negeri Di Nusa Tenggara Barat

Daftar Perguruan Tinggi Negeri Di Nusa Tenggara Barat-Nusa Tenggara Barat adalah Provinsi yang beribukota di Kota Mataram. Sesua dengan namanya Provinsi ini terletak di bagian barat dari Pulau Nusa Tenggara. Pada tahun 2012 Penduduk Nusa Tenggara Barat berjumlah 4.545.650 jiwa dengan Luas Wilayah mencapai 20.153,15 km² atau 2.015.315 Ha yang terbagi dalam 8 Kabupaten, 2 Kota, 116 kecamatan dan 1.117 desa/kelurahan. 

Lambang Nusa Tenggara Barat
Pendidikan di NTB masih relatif rendah. Pada tahun ajaran 2011/2012 jumlah murid yang bersekolah 932.717 orang, jumlah murid terbanyak adalah murid SD sebesar 547.458 orang, SMP 174.690 orang, SMA sebesar 136.228 orang dan sisanya perguruan tinggi, Angka partisipasi kasar tingkat SD mencapai 111,29. Kualitas penduduk Di Nusa Tenggara Barat dipengaruhi beberapa Faktor antara lain oleh taraf kesehatan, tingkat pendidikan, dan tingkat kesejahteraan. Terkait dengan peningkatan kualitas penduduk, pemerintah harus mendukung adanya pembangunan sarana dan prasarana pelayanan dasar mulai dari perawatan Ibu hamil dan kelahiran bayi, bidan dan tenaga kesehatan lainnya, sarana untuk tumbuh kembang anak termasuk penyediaan imunisasi, penyediaan pendidikan anak usia dini, sekolah dasar termasuk guru- guru dan sarana sekolah yang lain.

Jika kita lihat kembali Tabel statis pendidikan yang saya peroleh dari Bps.ntb menunjukan bahwa 15,88 persen Perempuan NTB Tidak Pernah Sekolah. 

Tabel Statis Pendidikan Di NTB

Tingkat pendidikan penduduk 10 tahun keatas menurut jenis kelamin di Provinsi NTB dapat dilihat pada grafik diatas. Bahwa Tergambar pada tahun 2012, dari jumlah penduduk yang berumur 10 tahun keatas di NTB, paling banyak hanya tamatan SD baik laki-laki maupun perempuan. yaitu masing-masing 25,40 persen dan 27,13 persen. Kemudian jumlah cukup banyak adalah tidak tamat SD. Sedangkan tamatan perguruan Tinggi hnaya 5,24 persen untuk laki-laki dan 3,44 persen untuk perempuan. Mungkin data diatas hanya untuk memberi gambaran kepada kita bahwa pendidikan di Indonesia masih relatif rendah khusunya di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Namun ada beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang sudah berdiri di Provinsi ini. Adapun daftarnya sebagai berikut

Daftar Perguruan Tinggi Negeri Di Nusa Tenggara Barat

1. Universitas Mataram, Mataram

Logo Universitas Mataram, Mataram


2. Akademi Komunitas Negeri Mataram, Mataram

Logo Akademi Komunitas Negeri Mataram, Mataram

Perlu diingat bahwa pendidikan berpengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi penduduknya. Setiap warganegara memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan agar dirinya dapat menjadi manusia yang berkualitas, dan pada akhirnya bisa memiliki kemampuan untuk memperoleh kehidupan yang yang layak. Apabila hal ini terwujud, jumlah penduduk yang besarpun tidak lagi menjadi beban tetapi sebaliknya akan menjadi potensi besar bagi pembangunan. Hakikat tujuan daripada pendidikan adalah untuk mencerdaskan bangsa. Tinggi rendahnya tingkat pendidikan penduduk dapat mempengaruhi dinamika perubahan ataupun kualitas kehidupan sosial ekonomi penduduk suatu daerah. 

Sampai disini dulu informasi mengenai Daftar Perguruan Tinggi Negeri Di Nusa Tenggara Barat yang bisa Info Kampus bagikan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Daftar Perguruan Tinggi Negeri Di Nusa Tenggara Barat"

Posting Komentar