Daftar Nama-Nama Perguruan Tinggi Negeri Di Sulawesi Utara

Daftar Nama-Nama Perguruan Tinggi Negeri Di Sulawesi Utara-Manado merupakan Ibukota dari provinsi ini. Dan memiliki total luas wilayah 15.069.00 km2 atau 5,818.17 mil² dengan jumlah penduduk 2.270.596 jiwa dan kepadatan penduduk mencapai 150/km2. Sulawesi Utara berbatasan langsung dengan Provinsi Gorontalo (sebelah selatan) yang dahulu merupakan induk Provinsi ini. Kota Tinutuan merupakan julukan bagi Ibukota Provinsi Sulawesi Utara.  Si Tou Timou Tumou Tou merupakan motto dari Sulawesi Utara, ini adalah sebuah filsafat hidup penduduk di Minahasa yang sudah dipopulerkan oleh Sam Ratulangi, yang mempunyai beararti: "Manusia hidup untuk memanusiakan orang lain" atau "Orang hidup untuk menghidupkan orang lain".

Lamabang Sulawesi Utara

Pendidikan gratis di Sulawesi Utara adalah slogan yang sudah populer dan menjadi kalimat yang mujarab disetiap perhelatan demokratisasi di sulawesi selatan. Adapun kebijakan Pemprov dan Pemkot Sulsel disepakati alokasi dana pendidikan gratis untuk tingkat SD s/d SMP sebesar 60 : 40 %. Namun masih banyak keganjalan dan keganjalan yang terjadi terkait inplementasi program pendidikan gratis dan masih banyak distorsi dan penyimpangan-penyimpangan. Entah apa yang sudah terjadi dilapangan, keblabasan mungkin, penyelewengan...bisa jadi!!!!

Menurut hemat saya sendiri bahwa Pendidikan Gratis itu adalah bagaimana pemerintah memfasilitasi kebutuhan pendidikan siswa. Namun, tidak terlepas dari bagaimana para pengajarnya memunculkan sistem pendidikan yang demokratis dan ilmiah. Sudah banyak pengembangan dan pembangunan yang terjadi di setiap tahunya dengan banyaknya PTN maupun PTS yang sudah tersebar di Provinsi ini. Namun masih banyak penduduk yang belum bisa menikmatinya ini juga terkait banyak faktor, dari keadaan ekonomi dan sosial. Terkait Pendidikan gratis di Sulsel masih belum benar-benar terlaksana dengan baik. Bahkan tidak sedikit pendidikan gratis dijadikan sebagai obyek iklanisasi (Pencitraan politik ) kepentingan politik pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Mengingat bahwa pendidikan itu sangat penting bagi kemajuan dan mutu bangsa maka dibawah ini beberapa PTN di Provinsi Sulsel yang sudah saya rangkum dan berikut daftarnya :

Daftar Nama-Nama Perguruan Tinggi Negeri Di Sulawesi Utara

1. Universitas Sam Ratulangi, Manado

Logo Universitas Sam Ratulangi, Manado

2. Universitas Negeri Manado, Manado

Logo Universitas Negeri Manado, Manado

3. Politeknik Negeri Manado, Manado

Logo Politeknik Negeri Manado, Manado

4. Politeknik Negeri Nusa Utara, Tahuna

Logo Politeknik Negeri Nusa Utara, Tahuna

Pendidikan yang sudah seharusnya menjaadi hak karena setiap penyelenggara pendidikan formal berusaha dengan maksimal untuk mewujudkan pendidikan gratis, ini bukan karena janji politik yang ingin mengambil bagian dalam kursi, melainkan karena tuntutan memajukan pendidikan di Indonesia dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Dan untuk mereka yang berjanji dan telah menerapkan konsep pun harus mengawal kebijakan akan ini sampai pada tingkat penyelenggara pendidikan. Mungkin itulah sedikit ulasan Daftar Nama-Nama Perguruan Tinggi Negeri Di Sulawesi Utara. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Daftar Nama-Nama Perguruan Tinggi Negeri Di Sulawesi Utara"

Posting Komentar